Tips Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi penting seperti asam folat, zat besi, dan kalsium sangat dibutuhkan oleh calon bayi sejak dalam kandungan. Tumbuh kembang bayi saat berada dalam kandungan bergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh Ibu. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil

Selain mengetahui beberapa makanan sehat untuk ibu hamil, perlu juga diketahui dan dipelajari tips memilih makanan yang sehat berikut ini :

1. Makanan Harus Matang Sempurna
Bagi sebagian orang, mungkin bahan makanan seperti daging atau telur akan lebih nikmat saat dimakan dalam kondisi setengah matang. Namun, sebaiknya ibu hamil menghindari hal tersebut. Ini dikarenakan dalam makanan mentah atau setengah matang berpotensi masih mengandung berbagai parasit dan bakteri yang berbahaya terutama bagi kesehatan calon bayi.

2. Konsumsi Fastfood Sebaiknya Dikurangi
Selama hamil, konsumsi makanan dan minuman cepat saji sebaiknya juga dibatasi. Demikian juga menyantap produk daging olahan, seperti sosis atau daging asap perlu dikurangi karena mengandung pengawet dan senyawa nitrat. Lebih baik memilih bahan makanan segar karena terjaga kandungan nutrisinya.

3. Memilih Makanan yang Telah Dipasteurisasi
Terutama bila akan mengkonsumsi makanan dari telur atau susu atau telur, pilihan terbaik adalah produk yang telah dipasteurisasi. Proses ini sangat penting karena akan membunuh bakteri-bakteri berbahaya yang ada dalam susu dan telur.

4. Memilih Sumber Karbohidrat yang Berserat Tinggi
Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan mengandung kabohidrat sebagai sumber energi. Namun, ada baiknya pula Ibu memilih sumber karbohidrat yang berserat tinggi, seperti misalnya gandum, nasi merah, kentang, dan oatmeal.

5. Menghindari Kandungan Gula dan Lemak yang Tinggi
Selama mengandung, Ibu masih boleh mengkonsumsi berbagai camilan atau snack. Hanya saja, sebaiknya hindari camilan dalam kemasan yang mempunyai kandungan gula dan lemak yang tinggi. Alternatifnya adalah mengkonsumsi camilan buah atau kacang-kacangan yang lebih sehat.

 

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment