Tips Aman Membeli Rumah di Developer

Seiring dengan permintaan masyarakat akan hunian, membuat para developer atau pengembang berlomba untuk menawarkan layanan dan fasilitas yang menggiurkan. Membeli rumah melalui developer selain memberikan kemudahan, juga memberikan berbagai keuntungan. Dengan menggunakan jasa developer, Anda tidak perlu repot untuk mencari lahan dan menghemat waktu untuk membangun rumah. Anda hanya tinggal mencari informasi melalui internet dan media sosial, kemudian menghubungi pihak developer yang menyediakan jasa jual beli rumah. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir. Biasanya kawasan perumahan berada pada kawasan yang tertata dengan baik dengan segala fasilitas yang telah disediakan. Membeli rumah melalui developer juga dapat dilakukan dengan sistem KPR. Karena sebagian besar pihak developer telah menjalin kerja sama dengan pihak bank.

 

Baca juga : Syarat Mendapatkan Rumah Subsidi

 

Namun segala kemudahan yang didapatkan tidak lantas terhindar dari masalah. Tidak jarang terdapat kasus nasabah yang mengalami kerugian karena berhadapan dengan developer yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanapun membeli rumah membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, masih banyak developer dengan reputasi yang baik. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebelum membeli rumah, pastikan Anda telah mengetahui reputasi dari pihak developer. Jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran yang diberikan lantas langsung membayar lunas uang muka. Sebelum mencapai kesepakatan, pastikan Anda telah membaca dengan cermat dan teliti setiap poin dalam surat PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). PPJB berisi tentang kesepakatan antara penjual dan pembeli.

 

PPJB mengatur tentang jumlah uang muka yang harus dibayarkan, jumlah cicilan perbulan, waktu pelunasan, dan lain sebagainya yang di akhir surat perjanjian dibubuhi tanda tangan antara pihak developer dan pihak pembeli. Meski telah terjalin transaksi jual beli, namun perlu Anda ketahui bahwa sertifikat rumah belum menjadi milik Anda dan masih atas nama developer. Hal ini juga penting Anda tanyakan kepada developer terkait kapan perubahan nama atas sertifikat bisa Anda terima. Bagi yang ingin mencari perumahan dekat Stasiun Cikarang, perumahan Mustika Sukamulya hadir dengan berbagai fasilitas dan harga terjangkau.
 

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment