Cara Memperbaiki Aki Kering pada Mobil yang Tidak dapat Dihidupkan

Mobil merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk melakukan berbagai perjalanan dengan lebih santai. Tidak hanya rajin untuk digunakan, akan tetapi juga harus rajin dalam hal perawatan. Pada mobil Daihatsu untuk sisi perawatan cukup mudah karena bodinya yang sederhana dengan performa unggulan. Salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan adalah aki. Sebab di dalam aki inilah terjadi reaksi kimia reversible yaitu reaksi dari energi kimia yang berubah menjadi energi listrik untuk mengaliri arus listrik pada komponen paling depan. Seperti untuk starter, lampu, klakson, sein dan lainnya. Aki terbagi atas aki kering dan aki basah. Pada aki kering lebih mudah perawatannya dan cara memperbaiki aki kering pun cukup sederhana. 

 

Salah satu kendala jika aki kering mengalami penurunan fungsi atau soak adalah mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Untuk lebih lanjut, berikut ini beberapa cara memperbaiki aki kering pada mobil yang tidak dapat dihidupkan atau distarter adalah berikut ini:

 

1. Siapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan seperti accu zuur atau air aki. Selanjutnya obeng (-) untuk membuka, jarum suntik layaknya pada printer dan kain lap. 

2. Lepaskan aki pada tempatnya dan bersihkan dari kotoran ataupun debu yang menempel darinya. Cara membersihkannya cukup sederhana hanya dengan menggunakan air hangat sehingga membuat kotoran yang menempel menjadi terlepas.

3. Buka penutup aki atas dan berhati-hati jangan sampai mengenai tangan sebab dapat menimbulkan iritas. Selain itu juga jangan sampai rusak atau pecah. Setelah terbuka, Anda akan melihat 3 bagian kecil yang ada di dalamnya.

4. Cara memperbaiki aki kering selanjutnya yaitu masukan air aki ke suntikan dan masukan secara perlahan ke lubang kecil yang tersedia di dalamnya tadi. 

5. Tutup kembali sampai rapat dan jangan sampai ada kebocoran.

6. Lakukan pengisian tegangan untuk mencharger agar tegangan pada aki bisa berfungsi maksimal. Kemudian lakukan juga pengecekan untuk lebih memastikan. 

 

Baca juga : Pertimbangan Tepat Saat Memilih Aki Mobil

 

Demikianlah cara memperbaiki aki kering pada mobil. Dengan begitu dapat untuk dihidupkan lagi dan bekerja sebagaimana mestinya kembali. 

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment