Banyaknya Mitos Seputar ASI Eksklusif

Mitos adalah hal-hal yang berkaitan dengan cerita yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat sejak masa lampau. Namun, tak selamanya mitos yang beredar dapat selalu dibenarkan dan diikuti. Salah satunya adalah tentang ASI untuk bayi. Memang benar bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, karena di dalam ASI terdapat kandungan gizi yang lengkap dan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Karena itulah pemberian ASI Eksklusif dengan cara menyusui langsung juga dipercaya akan makin mempererat ikatan batin antara ibu dan bayinya. 

 

ASI Eksklusif adalah proses pemberian ASI saja sebagai makanan untuk bayi sejak lahir hingga berumur 6 (enam) bulan, tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya. Dalam hal memberikan ASI Eksklusif, banyak pula mitos yang beredar di masyarakat. Dari data Kementerian Kesehatan, didapatkan data bahwa cakupan pemberian ASI secara eksklusif di Indonesia masih relatif rendah. Hal ini disinyalir karena masih banyaknya mitos-mitos yang beredar di masyarakat, sehingga berpengaruh pada tingkat pemberian ASI eksklusif bagi sang bayi.

 

Baca juga : Apakah ASI Eksklusif Itu?

 

Mitos yang dimaksud seperti misalnya adanya anggapan bahwa ASI Eksklusif tidak dapat diberikan bila bentuk payudara kurang sempurna, atau anggapan bahwa ASI saja tidak cukup mengenyangkan bayi, dan masih banyak lagi. Maka, dari sekian banyak mitos tersebut perlu diberikan fakta ilmiah yang akan menjadi data pembanding untuk diketahui masyarakat. Sehingga dengan demikian, sedikit demi sedikit mitos tersebut dapat dieliminir.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment